Mencari Platform Bersama, Islam dan Negara

Indonesia adalah negara dengan penduduk beragama muslim terbesar didunia. Tedapat banyak organisasi Islam dan memiliki teori yang kadang berbeda namun pada dasarnya sama. Organisasi Islam yang terbesar di Indonesia adalah NU (Nahdatul Ulama) dan Muhammadiyah. Yang kadang berbeda dalam menentukan hari besar Islam. Namun sekali lagi menurut saya tidak masalah, karena mereka memiliki dalil yang kuat oleh masing-masing. Masalahnya adalah mereka yang hanya ikut-ikutan dan tidak mengerti tujuan mereka untuk mengikuti.

Negara Indonesia sangat menghormati Islam. Semua yang berkedudukan tinggi dalam pemerintahan dan yang lain rata-rata adalah beragama Islam. Islam adalah agama yang penuh kebersamaan dan seimbang, dunia maupun akhirat tanpa membedakan suku, budaya, agama dan sebagainya. Akan tetapi banyak diantara kita yang belum memahami rasa kebersamaan dan keseimbangan ini, mereka bertindak dengan egois, tanpa memikirkan apa yang dirasakan oleh mereka yang terdzolimi oleh perbuatan mereka.

Faktor yang sangat mempengaruhi Islam dan negara adalah faktor ekonomi. Tidak sedikit yang mengikuti ormas-ormas Islam yang radikal karena faktor ekonomi, mereka hanya ikut-ikutan karena diberi imbalan. Intinya Indonesia memiliki terlalu banyak orang miskin, miskin jasmani dan rohani. Karena miskin secara ekonomi membuat mereka bertindak keluar dari aturan yang berlaku. Apapun mereka lakukan demi uang.

Tugas yang paling penting yang harus dilakukan Islam dan negara adalah menyatukan diri untuk mengatasi kedua kemiskinan ini, yaitu miskin jasmani dan rohani. Mengapa banyak pengangguran di Indonesia? Menurut saya bukan karena faktor minimnya lapangan kerja, namun karena faktor dari pencari kerja itu sendiri. Rata-rata pencari kerja menginginkan gaji yang besar, tetapi mereka tidak memiliki skill yang cukup agar setara dengan gaji yang diinginkan. Karena pada dasarnya skill (kemampuan dalam bekerja) dengan gaji adalah sejajar. Orang yang bergaji tinggi selalu memiliki kemampuan yang memuaskan. Jadi semakin baik skill yang dimiliki oleh seseorang, pendapatan yang diterima akan semakin baik. Namun para pencari kerja (pengangguran) belum memahami teori ini dengan baik. Kemudian karena kurangnya pendidikan agama islam yang mereka miliki melahirkan tindakan-tindakan yang merugikan.

Islam dan negara harus bersama-sama fokus dengan perbaikan pendidikan Indonesia. Pendidikan adalah kunci dari semua kejadian yang timbul di negara ini. Pendidikan harus dapat menciptkan kesadaran masyarakat untuk berpikir dan bertindak secara bijaksana.

Teori yang selama ini diterima dan diakui oleh masyarakat adalah Perbuatan yang haram (kejahatan) selalu menghasilkan uang lebih banyak daripada perbuatan yang halal (kebaikan). Tugas pendidikan adalah merubah mindset masyarakat mengenai teori tersebut. Pendidikan harus dapat meyakinkan masyarakat bahwa kebaikan akan membawa kesejahteraan dan kejahatan akan membawa kesengsaraan.

Islam dan negara dengan pendidikan harus dapat memberikan semacam penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat yang berpikir dan bertindak dengan baik. Orang yang berbuat kebaikan harus terjamin kesejahteraannya.

Saya berpikir bagaimana jika Orang yang baik itu diberi gaji, mungkin banyak orang yang berpindah profesi menjadi orang baik. Karena yang paling dibutuhkan oleh masyarakat saat ini adalah uang. Hal semacam ini yang perlu menjadi perhatian Pendidikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s